Hakekat Penelitian

Penelitian atau riset adalah terjemahan dari dua bahasa yaitu Inggris research, dan bahasa Perancis recherche.pada dasarnya kedua arti bahasa tersebut adalah “mencari kembali”.

Webster’s New Collegiate Dictionary mengatakan bahwa penelitian adalah “penyidikan atau pemeriksaan bersungguh-sungguh, khususnya investigasi atau eksperimen yang bertujuan menemukan dan menafsirkan fakta, revisi atas teori atau dalil yang telah diterima”.

Penelitian dapat menggunakan metode ilmiah "scientific method" dan non-ilmiah "unscientificmethod".

MetodeIlmiah:
Metode ilmiah akhirnya penggunaan metode ilmiah (scientific method) adalah hal yang jamak dan disepakati umum dalam penelitian. Metode ilmiah juga dinilai lebih bisa diukur, dibuktikan dan dipahami dengan indera manusia.

Karya Ilmiah berciri-ciri :

1.Pemikiran yang kritis disini kita melakukan pemikiran yang dalam kepada masalah yang diteliti sehingga memunculkan berbagai pertanyaan,pendapat dan jawaban atas apa yang diteliti.

2. Rasional atau logis (nalar) yaitu menggunakan akal sehat dalam menilai sesuatu, mereka melakukan sebuah pemikiran yang sesuai dengan kehidupan nyata tidak berbau hal-hal yang bersifat mitos atau hoax.

3.Fakta, Menjadi sangat penting karena pada metode ilmiah fakta selalu disertakan di dalamnya untuk mendukung teori atau pendapat yang diperoleh dari hasil penelitian.

MetodeNon-Ilmiah:
Karya non ilmiah sangat bervariasi topic dan cara penyajiannya, tetapi isinya tidak didukung fakta umum, ditulis berdasarkan fakta pribadi, umumnya bersifat subyektif, gaya bahasanya bias konkret atau abstrak, gaya bahasanya formal dan popular.

Karya non ilmiah berciri-ciri:

1. Emotif : kemewahan dan cinta lebih menonjol, tidak sistematis, lebih mencari keuntungan dan sedikit informasi.

2. Persuasif: penilaian fakta tanpa bukti. Bujukan untuk meyakinkan pembaca, mempengaruhi sikap cara berfikir pembaca dan cukup informative.

3. Deskriptif : pendapat pribadi, sebagian imajinatif dan subjektif.

4. Kritik tanpa dukungan bukti.

0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang in my Blog

Ndy_shinichi@yahoo.com

Tentang Blog

Isi Blog ini tentang Tugas-tugas saya.. mudah-mudahan menjadi tambahan ilmu buat yang lainya... (^o ^)/