Proposisi

Proposisi

Proposisi adalah sebuah keputusan ,arti dari suatu kalimat dimana keputusan tersebut belum tentu sebuah kebenaran,biasanya proposisi terdapat dalam suatu kalimat dimana kalimat tersebut, sebagai contoh proposisi adalah, “semua orang di pulau jawa menggunakan bahasa jawa.” Dan proposisi yang mengingkarinya ,”semua orang di pulau jawa tidak menggunakan bahasa jawa.” Dimana kedua keputusan tersebut belum tentu benar sehingga proposisi hanyalah sebuah keputusan dari sebuah kalimat.

Proposisi di bagi 2 :

1. Proposisi Tunggal

Dimana Proposisi tunggal menyatakan sebuah pernyataan tidak lebih, contoh “Semua Manusia memiliki mata.”

2. Proposisi Majemuk

Pada proposisi majemuk menyatakan lebih dari sebuah pernyataan atau satu pernyataan sebagai contoh, “ Rendi adalah seorang ahli mekanik dan analisi system.” Disini terdapat dua buah pernyataan, proposisi di atas sama dengan dua buah pernyataan seperti “Rendi adalah seorang ahli mekanik.” Dan “Rendi adalah seorang ahli analisi system.”.

Fakta

Fakta adalah sebuah sesuatu yang sudah terbukti atau tertangkap oleh indra manusia sehinnga menjadi nyata dan terbukti. Fakta umum di sebut sebagai sebuah kebenaran dari kenyataan-kenyataan yang ada. Dalam istilah keilmuan fakta di dapat melalui hasil observasi dan obyektif yang dilakukan oleh siapapun.

0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang in my Blog

Ndy_shinichi@yahoo.com

Tentang Blog

Isi Blog ini tentang Tugas-tugas saya.. mudah-mudahan menjadi tambahan ilmu buat yang lainya... (^o ^)/