CIRI-CIRI KARYA ILMIAH
Dalam suatu karya ilmiah juga terdapat cirri-ciri berupa :

1. Struktur Penulisan
Yaitu suatu susunan penulisan seperti pendahuluan, inti masalah, dan bagian penutup, bagian awal merupakan pengantar dari inti atau isi karya, kemudian inti masalah yang berupa sebuah pembahasan dari permasalahan yang akan di jabarkan pada karya ilmiah tersebut dan terkhir bagian penutup berisi tentang sumber-sumber yang membantu dalam melakukan penulisan ilmiah tersebut.

2. Komponen Dan Subtansi
Dalam penulisan ilmiah memiliki berbagai komponen yang berbeda-beda, sehingga tidak semua penulisan ilmiah memiliki kesamaan pada inti masalah tetapi tetap memiliki pendahulian, inti masalah dan penutup.

3. Sikap Penulis
Merupakan sikap penulis dalam karya ilmiah dimana penulis melakukan sebuah penulisan dengan gaya bahasa atau ciri khas penulis tersebut ,tanpa menggunakan kata orang pertama dan kedua.

4. Penggunaan Bahasa
Bahasa yang digunakan pada karya ilmiah adalah bahasa yang baku, bukan menggunakan bahasa sehari-hari. Dengan kata-kata yang efektif, istilah-istilah ilmiah yang membentuk sebuah tata kata yang baik dan benar.



SIKAP ILMIAH
Berikut merupakan sifat-sifat yang deperlukan dalam ilmiah :
Dalam penulisan karya ilmiah ada 7 sikap ilmiah yang merupakan sikap yang harus ada. Sikap-sikap ilmiah yang dimaksud adalah sebagai berikut :

1. Sikap ingin tahu seperti rajin bertanya untuk mencari tahu sesuatu yang bermanfaat.
2. Sikap kritis yaitu sikap yang selalu mencari informasi untuk mendapatkan sebuah ilmu yang dicari.
3. Sikap terbuka yaitu sikap yang selalu mendengarkan dan menerima masukan dari orang lain sehingga kekurangan atau masukan yang kita terima dapat kita terapkan bagi kita.
4. Sikap menghargai karya orang lain yaitu sikap yang menilai atau memberikan penilaian terhadap suatu karya orang lain sehingga dapat meningkatkan kemauan seseorang dalam mengembangkan suatu hal.
5. Sikap berani mempertahankan kebenaran yaitu sikap yang mampu mempertahankan pendapatnya dengan fakta-fakta yang yada sehingga apa yang ia bela merupakan sesuatu yang benar.
6. Sikap Melihat kedepan yaitu sikap yang selalu melihat untuk kedepanya sebelum melakukan

0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang in my Blog

Ndy_shinichi@yahoo.com

Tentang Blog

Isi Blog ini tentang Tugas-tugas saya.. mudah-mudahan menjadi tambahan ilmu buat yang lainya... (^o ^)/